7 Penyakit akibat Menggunakan Sepatu High Heels

Sepatu hak tinggi memang dapat menunjang penampilan wanita yang ingin tampil seksi. Tidak dipungkiri sepatu hak tinggi dapat membuat kaki terlihat jenjang sehingga terlihat lebih langsing. Biasanya, perempuan akan lebih percaya diri dengan tubuh yang tinggi semampai. Maka, tak jarang banyak kaum hawa menopang tinggi badanya dengan high heels. Tak heran, hampir semua model juga selalu menggunakannya agar terlihat lebih tinggi. Menggunakan alas kaki yang berhak tinggi sebenarnya membahayakan kesehatan atau tidak? Untuk diketahui, penggunaan sepatu hak tinggi atau high heels yang terlalu lama dapat berbahaya bagi tubuh dan kesehatan. Berikut 7 Penyakit akibat Menggunakan Sepatu High Heels.

1. Sakit pinggang dan punggung

Pada awal-awal mengguanakan high heels kamu akan merasakan sakit di area pinggang dan punggung serta kaki. Pinggang akan terasa pegal sedangkan punggung akan terasa sakit karena memberikan tumpuan pada tubuh untuk terus berdiri tegak.

2. Kram kaki

Kaki mulai dari paha hingga pergelangan kaki akan terasa tegang dan kram karena menahan berat badan secara keseluruhan. Saat berdiri lama menggunakan high heels maka kaki akan semakin nyeri dan kaku. Bahkan, bisa terjadi peradangan pada jemari kaki jika bahan sepatu terlalu keras.

3. Varises

Varises bisa terjadi jika terlalu lama memakai high heels. Otot tumit bagian belakan serta betis menegang dan memicu pembuluh darah tertekan.

4. Kapalan

Kapalan pada kaki merupakan bentuk pertahanan tubuh untuk melindungi kaki dari gesekan dan tekanan berlebih. Biasanya kapalan akan terbentuk pada tumit, jempol dan lengkungan kaki. Kapalan adalah penebalan sel kulit mati yang bisa terasa sakit jika terus tertekan.

5. Bunions

Bunions adalah benjolan menonjol di bagian dalam kaki disekitar jempol kaki. Bunions menyebabkan kondisi kaki depan (jari kaki) tumpang tindih. Gejala bunions adalah peradangan, pembengkakan, dan nyeri pada permukaan sisi jempol kaki.

6. Morton’s Neuroma

Morton’s neuroma adalah cedera pada pertengahan telapak kaki dan jari kaki karena pemakaian high heels atau sepatu yang kesempitan. Cedera ini semakin lama akan terasa tajam, panas, kesemutan bahkan mati rasa.

7. Perubahan gaya berjalan

Sebuah penelitian menemukan bahwa memakai high heels setiap hari dapat menyebabkan perubahan gaya berjalan. Mereka yang selalu memakai high heels cenderung memiliki langkah yang lebih pendek, menyentak dan posisi kaki tertekuk akibat otot yang lebih sering tertekan.

Menggunakan high heels untuk keperluan tertentu memang tidak ada salahnya. Namun, perlu juga memilih dan mengatur pemakaiannya untuk meminimalisir resiko yang ditimbulkan. Pilihlah sepatu dengan bahan yang nyaman, lembut dan sesuai dengan stuktur kaki. Yang terpenting adalah atur pemakaiannya jangan terlalu lama dan terlalu sering.

Semoga Bermanfaat.

Author admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *